Senin, 17 Oktober 2011

PROGRAM PENGELOLAAN DANA PINJAMAN BERGULIR DI ERA OTONOMI DAERAH

Oleh : Dody Nur Andriyan

Sejalan dengan laju perkembangan demokrasi di Indonesia, yang ditandai dengan pelaksanaan otonomi daerah, salah satu konsep dari otonomi daerah adalah konsep desentralisasi. Desentralisasi harus dimaknai bukan hanya desentralisasi kekuasaan dan administrasi, tetapi juga desentralisasi ekonomi. Konsep demokrasi dan desentralisasi ekonomi di era otonomi daerah ini kemudian mengikuti perkembangan konsep otonomi daerah yang mengalami perubahan dan pasang surut.

Pemerintah pada hakikatnya mengemban tiga fungsi utama yakni fungsi distribusi, fungsi stabilisasi, dan fungsi alokasi. Fungsi distribusi dan fungsi stabilisasi pada umumnya lebih efektif dan tepat dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat, sedangkan fungsi alokasi lebih tepat dilaksanakan oleh Pemerintahan Daerah yang lebih mengetahui kebutuhan, kondisi, dan situasi masyarakat setempat.

Dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah, penyerahan, pelimpahan, dan penugasan urusan pemerintahan kepada daerah secara nyata dan bertanggung jawab harus diikuti dengan pengaturan, pembagian, dan pemanfaatan sumber daya nasional secara adil, termasuk perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. Salah satu inovasi dan terobosan dalam rangka perimbangan keuangan pusat dan daerah, maka pemerintah pusat melakukan program pembiayaan sektor usaha kecil, menengah dan koperasi melalui pengelolaan dana bergulir.

Program dana bergulir adalah bantuan perkuatan pemerintah dalam bentuk uang atau barang modal yang disalurkan kepada Koperasi, Usaha Kecil Menengah (KUMK). Dana tersebut disalurkan melalui pola bergulir. Pola bergulir adalah cara memanfaatkan bantuan kepada KUMK. Tata cara atau persyaratannya diatur dalam keputusan Menteri KUKM. Pola perguliran ini di mulai tahun 2000 dan merupakan salah satu terobosan Kementerian KUKM untuk membantu KUKM dalam rangka menstimulir pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kebijakan pembinaan dan pengembangan program KUKM.

Secara umum program dana bergulir bertujuan untuk:

  1. meningkatkan aktivitas ekonomi pedesaan,

  2. meningkatkan volume usaha koperasi dan UKM,

  3. meningkatkan penyerapan tenaga kerja,

  4. meningkatkan semangat berkoperasi,

  5. meningkatkan pendapatan anggota dan

  6. membangkitkan etos kerja.

Program dana bergulir yang dikembangkan Kementerian KUKM sampai saat ada dua sumber yaitu dari

    1. Kompensasi Subsidi Bahan Bakar Minyak (PKPS-BBM) dan

    2. Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Semua kegiatan dana bergulir dapat dibagi kepada empat pola pelaksanaan yaitu:

  1. Pola subsidi program kompensasi pengurangan BBM (PKPS-BBM) yang dilakukan sejak tahun 2000-2003,

  2. Pola agribisnis meliputi dua sub pola yaitu:

        1. Sub-pola pengembangan komoditas unggulan dengan plafon dana @ Rp 1 milyar dilakukan sejak tahun 2005,

        2. Sub-pola peningkatan produksi dengan plafon @ Rp 50 juta dilakukan sejak tahun 2000-2004 dan akan diteruskan pada tahun 2005,

  1. Pola Modal Awal Padanan (MAP) merupakan stimulan terhadap UKM melalui sentra-sentra produksi. Pola ini disalurkan melalui KSP dan telah dilaksanakan sejak tahun 2000-2004 dengan besaran plafon Rp 150 sampai Rp 250 juta dan

  2. Pola syariah dilakukan tahun 2003 sampai tahun 2004. Pola ini merupakan kelanjutan dari program ex P2KER melalui BMT/Kopontren yang dilakukan sejak tahun 2000 dengan plafon @ Rp 50 juta. Fokus pola ini adalah pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan.

Perkembangan lebih lanjut, dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan dana bergulir, Kementerian Negara Koperasi dan UKM membentuk Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang bertugas melaksanakan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan KUMKM antara lain berupa pinjaman dan bentuk pembiayaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan KUMKM, dimana ketentuan mengenai kriteria KUKM ditetapkan oleh LPDB-KUMKM. Sebelum dibentuknya LPDB-KUMKM, pengelolaan Dana Bergulir untuk Koperasi dan UMKM dilaksanakan oleh Deputi-deputi di lingkungan Kementerian Negara Koperasi dan UKM.

LPDB-KUMKM dibentuk dengan Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor 19.4/Per/M.KUKM/VIII/2006 tanggal 18 Agustus 2006 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor 11/Per/M.KUKM/VI/2008 tanggal 26 Juni 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-292/MK.5/2006 tanggal 28 Desember 2006 LPDB-KUMKM ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU).

Sehubungan dengan dana bergulir tersebut, maka sudah menjadi tugas dan kewajiban Pemerintah Daerah untuk menyokong dan membantu potensi-potensi perekonomian rakyat yang ada di daerah. Sektor perekomonian mikro seperti usaha kecil, menengah, mikro dan koperasi adalah tulang punggung perekonomian yang menyokong sektor ekonomi mikro masyarakat. Hal ini sesuai dengan nafas dan ruh dari Otonomi Daerah yang bertujuan untuk memberdayakan dan menghidupkan potensi-potensi lokal di daerah, salah satunya potensi di bidang ekonomi.


EFEKTIVITAS PROGRAM DANA BERGULIR

Menurut Richard M Steers (1985), efektivitas biasa dilakukan untuk mengukur sejauhmana kelompok atau organisasi efektif mencapai tujuan. Pengertian efektivitas kelompok atau organisasi adalah "Tingkatan sejauhmana organisasi melaksanakan seluruh tugas pokoknya mencapai sasaran". Penulis lain, Katzell (1975) mengatakan bahwa efektivitas selalu diukur berdasarkan prestasi, produktivitas, laba dan seterusnya dan Campbell (1973), David (1968) mendefinisikan efektivitas organisasi maupun kelompok adalah sesuatu kehidupan organisasi atau kelompok untuk melakukan tugas-tugas, di dalam terdapat usaha untuk mencapai tujuan dengan kepuasan dan persahabatan antara individu di dalam kelompok atau organisasi.

Penulis lain memperkuat pendapat tersebut (Sarlito, 1987), menyatakan bahwa efektivitas organisasi atau kelompok adalah hasil kerja kelompok dalam mencapai tujuan. Makin dekat hasil organisasi atau kelompok dalam mencapai tujuan, makin efektif pimpinan organisasi atau kelompok tersebut. Margono Slamet (1978) mengatakan bahwa efektivitas kelompok adalah produktivitas, moral dan kepuasan anggota. Produktivitas adalah keberhasilan mencapai tujuan kelompok. Moral adalah semangat dan sikap para anggotanya. Kepuasan adalah kesenangan produktivitas adalah kuantitas atau volume produk atau jasa pokok yang dihasilkan oleh organisasi. Dapat diukur menurut tiga tingkatan : tingkatan individual, kelompok dan organisasi. Kepuasan diukur dengan tingkat kesenangan seseorang atas peran atau pekerjaannya dalam organisasi. Tingkat rasa puas individu adalah bahwa mereka mendapat imbalan yang setimpal dari bermacam-macam aspek situasi pekerjaan dan organisasi tempat mereka bekerja. Definisi ini diperkuat oleh Sarlito mengatakan bahwa prestasi kelompok diartikan sebagai efektivitas, selalu diukur dengan produktivitas,moral dan kesatuan. Karena koperasi adalah organisasi maka efektivitas dapat digunakan untuk menilai program perkuatan dana bergulir yang disalurkan koperasi.

Program adalah perencanaan perencanaan dalam kegiatan ini telah dimuat dalam petunjuk pembinaan KSP/USP dalam bentuk kebijakan Menteri Negara KUKM. Dana bergulir adalah dana yang berasal dari Pemerintah dan program kompensasi pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) melalui Kementerian Koperasi dan UKM disalurkan kepada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) atau Unit Koperasi simpan Pinjam (USP). Kemudian dana tersebut digulirkan oleh koperasi /USP kepada koperasi lain. Dana bergulir merupakan bantuan perkuatan dalam bentuk uang atau barang kepada Koperasi dan UKM. Pola perguliran adalah cara pemanfaatan bantuan perkuatan tersebut diatur didalam setiap kebijakan sesuai dengan tujuan.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa efektivitas program dana bergulir adalah tingkat atau derajat keberhasilan Koperasi dan UKM untuk mencapai tujuan. Efektivitas program dana bergulir diukur dari produktivitas dan kepuasan anggota Koperasi dan UKM memanfaatkan dana bergulir tersebut untuk mencapai tujuan. Ukuran produktivitas dana bergulir adalah (1). kesesuaian program dengan pelaksanaan (2) nilai elastisitas dampak dana bergulir terhadap aset, omset, jumlah pekerja, biaya produksi, jumlah jam kerja dan pendapatan total koperasi, (3) ukuran kepuasan adalah adanya manfaat dana bergulir bagi Koperasi, anggota dan UKM. Manfaat dana bergulir bagi koperasi dan anggota dinilai dari nilai elastisitas dampak dana bergulir terhadap pendapatan total koperasi dan anggota. Sesuai dengan tujuan diberikannya dana bergulir indikator ketiga tersebut dapat dilihat dari dampak perkuatan dana bergulir terhadap pendapatan koperasi dan anggota. Karena tujuan akhir dari dana bergulir adalah meningkatkan pendapatan koperasi dan anggota.

Kesulitan utama yang dihadapi koperasi adalah modal. Sebab koperasi sebagai sebuah badan hukum, sebelum berdiri, sudah harus mempunyai modal tetap dan modal kerja. Modal tetap atau modal jangka panjang adalah modal yang diwujudkan dalam bentuk kantor, peralatan, kendaraan, gedung, mesin, dan kebutuhan tetap jangka panjang lainnya. Sedangkan modal kerja atau di sebut juga modal jangka pendek adalah modal yang diwujudkan dalam untuk operasionalisasi koperasi seperti gaji, pembelian bahan baku, pembayaran pajak, premi asuransi dan sebagainya. Jika koperasi simpan pinjam, maka modal kerjanya adalah dana untuk mengoperasikan simpan pinjam tersebut.

Permodalaan merupakan unsur yang esensial yang mendukung dalam peningkatan produksi dan pendapatan. Kekurangan permodalan ini sangat membatasi ruang gerak aktivitas usahanya. Sementara sumber dana dari luar yang bisa membantu mengatasi kekurangan permodalan tidak mudah untuk diperoleh. Sehingga membuat semakin sulitnya industri kecil untuk mengembangkan kegiatan usaha secara cepat. Untuk itu pengembangan industri kecil perlu mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah yang dalam hal ini sebagai fasilitator/pelayanan untuk menciptakan iklim yang kondusif pada pembangunan ekonomi. Permodalan usaha salah satunya bersumber dari pinjaman dana bergulir.

KONSEP DAN MEKANISME DANA BERGULIR

Di Provinsi Jawa Tengah, dana bergulir bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk dipinjamkan kepada pengusaha industri kecil dan menengah dengan tingkat bunga rendah dengan sistem bergulir yang pelaksanaannya dikelola oleh Dinas Perindustrian. Pengelolaan pinjaman dana bergulir dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Pengelolaan Dana Bergulir Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dan Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (BPR BKK) yang ditunjuk. Pinjaman Dana Bergulir dengan tingkat bunga rendah dibandingkan dengan tingkat bunga bank ini diharapkan para pengusaha industri kecil dan menengah penerima pinjaman dapat mengembangkan usahanya dan mampu bersaing dalam persaingan pasar yang semakin ketat di era pasar global ini. Pemberian pinjaman permodalan dengan sistem bergulir ini dimaksudkan agar penerimaan angsuran pinjaman nantinya dapat digulirkan atau dipinjamkan kembali baik kepada penerima pinjaman yang sudah lunas maupun kepada pengusaha industri kecil dan menengah lainnya.

Sebelum menentukan penerima pinjaman diadakan survei terhadap calon peminjam yang dilakukan oleh Tim Seleksi Dana Bergulir dibantu oleh Tim Pendamping dana bergulir yang ada di Kabupaten/Kota. Survei tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi perusahaan secara langsung. Dari hasil survei tersebut diadakan analisa untuk mengetahui kelayakan usaha yang digunakan sebagai dasar dalam menentukan nama-nama penerima pinjaman dana bergulir, selain syarat-syarat administrasi lainnya. Survey yang dilakukan oleh tim seleksi untuk mendapatkan data secara langsung dari pengusaha. Salah satu data yang diminta adalah data keuangan perusahaan. Setelah mendapatkan pinjaman modal diharapkan industri kecil dan menengah dapat berkembang. Misi Program Dana Pinjaman Bergulir meliputi:

    1. Mengadakan pembinaan kepada usahawan (Entrepreneur) melalui pendidikan dan latihan

    2. Mengadakan pembinaan Sumber Daya Manusia pada pengusaha unit industri kecil dan menengah

    3. Memfasilitasi para pengusaha industri kecil dan menengah dengan bantuan alat-alat industri yang dibutuhkan

    4. Memberikan bantuan berupa pinjaman modal kepada unit usaha kecil untuk mengelola usahanya.

Untuk menghindari penggunaan dana pinjaman bergulir yang tidak sesuai peruntukannya dan untuk menghindari adanya kemacetan dalam proses pengembaliannya, maka perlu dilakukan kegiatan penyuluhan tentang penggunaan Dana Bergulir tepat guna.

Menurut Data Perkembangan Dana Bergulir Dina Perindustrian Provinsi Jawa Tengah untuk periode s/d 30 September 2006 (Triwulan III tahun 2006) s/d 31 Desember 2006 (Triwulan IV 2006) dari Akumulasi Dana yang disalurkan kepada UKM s/d 31 Desember 2006 sebesar Rp 11.720.040.000, (sebelas milyar tujuh ratus dua puluh juta empat puluh ribu rupiah) terdapat kenaikan jumlah pengendapan dana pada BPR BKK Penyalur sebesar Rp 4.092.220 (empat juta sembilan puluh dua ribu dua ratus dua puluh rupiah) dan dana yang masih ada pada debitur (piutang) juga mengalami kenaikan sebesar Rp 197.249.367,-(seratus sembilan puluh tujuh juta dua ratus empat puluh sembilan ribu tiga ratus enam puluh tujuh rupiah) sehingga jumlah rekening Disperin di BPD Jateng mengalami penurunan sebesar Rp 137.468.010,-(seratus tiga puluh tujuh juta empat ratus enam puluh delapan ribu sepuluh rupiah) dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi kemacetan dalam alur pengembalian dana bergulir, sebab dari kemacetan yaitu pengendapan dana pada BPR BKK penyalur dan tunggakan pada penerima pinjaman dana bergulir.

Berdasarkan kajian yang dilakukan terhadap beberapa model dana bergulir diperoleh keterangan bahwa:1

      1. Prosedur sistem pengembalian pinjaman dana bergulir terlalu panjang, sehingga menimbulkan kemacetan dalam alur pengembalian pinjaman dana bergulir pada Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Tengah.

      2. Tugas dan tanggungjawab yang kurang baik dari organisasi yaitu dalam alur pengembalian pinjaman dana bergulir, BPR BKK penyalur terlambat menyetorkan penerimaan angsuran pinjaman dana bergulir dari para peminjam dana bergulir ke BPD Jateng selaku pemegang kas daerah, sehingga menyebabkan kemacetan pengembalian dana bergulir pada Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Tengah. Tunggakan yang terjadi disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :

      1. Persediaan barang pada Industri Kecil banyak yang tidak terjual, sehingga tidak dapat digunakan untuk membayar utang-utang lancarnya,

      2. Industri Kecil banyak yang melakukan penjualan secara kredit, sehingga aktiva yang dimilikinya kurang efisien dan efektif untuk kegiatan usahanya,

      3. Industri Kecil mempunyai hutang yang terlalu besar, sehingga tidak sebanding dengan jumlah modal yang dimiliki oleh industri kecil tersebut,

Berdasarkan kajian tersebut maka ada beberapa saran dan langkah startegis yang harus dilakukan yaitu:

  1. Kemacetan alur pengembalian pinjaman yang terjadi dalam Pengelolaan Dana Bergulir diatasi dengan mengurangi jumlah tunggakan dengan cara memberikan sanksi secara tegas kepada para penunggak seperti: Jika sampai dengan jatuh tempo perjanjian penerima pinjaman tidak mampu mengembalikan/melunasi pinjaman dana bergulir, akan diproses secara hukum menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku, kemudian pihak dana bergulir tidak akan memberikan pinjaman dana lagi.

  2. Prosedur pengembalian pinjaman dana bergulir hendaknya lebih di perpendek dan dipertegas, yaitu dengan penyetoran langsung angsuran pinjaman ke BPD Jateng selaku pemegang kas daerah oleh para peminjam dana.

  3. Memberikan teguran kepada BPR Penyalur yang terlambat menyetorkan penerimaan angsuran, berupa surat peringatan untuk segera menyetorkan penerimaan angsuran tidak lebih dari batas waktu yang telah ditetapkan.

  4. Mengadakan pelatihan (workshop), pembinaan organisasi dan administrasi usaha serta pengadaan pameran sekaligus memperkenalkan atau mempromosikan produk kepada Konsumen atau pelanggan yang potensial.

  5. Seleksi Kelayakan Usaha bagi calon penerima Pinjaman Dana Bergulir hendaknya lebih diperketat lagi, dengan cara meninjau ulang kriteria seleksi diantaranya yaitu calon penerima pinjaman harus masuk dalam catatan perusahaan yang potensial untuk dikembangkan sekaligus mempunyai prospek usaha kedepan bagus, perusahaan ini mempunyai target pasar yang baik dan terus menerus mengalami kenaikan penjualan sekaligus pendapatan.

Memperhatikan hal tersebut di atas, maka pembuatan peraturan yang mengatur tentang pengelolaan dana pinjaman bergulir di samping harus memenuhi beberapa asas yang berhubungan dengan pembentukan peraturan perundang-undangan sebagaimana telah diuraikan dalam tersebut di atas, juga harus memenuhi beberapa asas, sebagai berikut:

  1. Asas Kesetiakawanan

Mengandung maksud bahwa program dana pinjaman bergulir harus dilandasi oleh kepedulian sosial untuk membantu orang, usaha kecil, menengah, koperasi, yang membutuhkan pertolongan dengan empati dan kasih sayang

  1. Asas Keadilan

Mengandung maksud bahwa dalam penyelenggaraan dana pinjaman bergulir harus menekankan pada aspek pemerataan, tidak diskriminatif dan keseimbangan antara hak dan kewajiban

  1. Asas Kemanfaatan

Mengandung maksud bahwa dalam program dana pinjaman bergulir bergulir harus memberi manfaat bagi peningkatan kualitas hidup warga negara.

  1. Asas Kemitraan

Mengandung Maksud dalam menyalurkan dana pinjaman bergulir diperlukan kemitraan antara Pemerintah dan masyarakat, Pemerintah sebagai penanggung jawab dan masyarakat sebagai mitra Pemerintah untuk mencapai peningkatan kesejahteraan sosial.

  1. Asas Keterpaduan

Mengandung maksud dalam program dana pinjaman bergulir harus mengintegrasikan berbagai komponen yang terkait sehingga dapat berjalan secara terkoordinir dan sinergis.

  1. Asas Akuntanbilitas

Mengandung maksud dalam program dana pinjaman bergulir harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

  1. Asas Keterbukaan

Mengandung maksud dalam program dana pinjaman bergulir harus memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan program dana pinjaman bergulir

  1. Asas Partisipasi;

Mengandung maksud dalam program dana pinjaman bergulir adalah dalam setiap program dana pinjaman bergulir harus melibatkan seluruh komponen masyarakat

  1. Asas Profesional;

Mengandung maksud dalam program dana pinjaman bergulir adalah dalam setiap program dana pinjaman bergulir kepada masyarakat agar dilandasi dengan profesionalisme sesuai dengan lingkup tugasnya dan dilaksanakan seoptimal mungkin.

  1. Asas Berkelanjutan

Mengandung maksud dalam program dana pinjaman bergulir adalah dalam program dana pinjaman bergulir dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga tercapai kemandirian.


1 Nuke Prasetiani Nurhayati, 2007, Evaluasi Pengelolaan Dana Bergulir pada Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Tengah, Jurusan Akuntansi Fakultas Akuntansi Universitas Negeri Semarang, Hal. 130

25 komentar:

Anonim mengatakan...

Most powerful&cost effective SEO and website traffic service in world get up to 100’000 forum backlinks now!
Get amazing web traffic using best backlink service today. We are able post your marketing post up to 100’000 forums around the web, get thousands of backlinks and amazing targeted online web traffic in shortest time. Most affordable and most powerful service for web traffic and backlinks in the world!!!!
Your post will be published up to 100000 forums worldwide your website or blog will get instant traffic and massive increase in seo rankings just after few days or weeks so your site will get targeted long term traffic from search engines. Order now:
backlinks

Anonim mengatakan...

Do you want to get lot more targeted free visitors from search engines for your website almost effortlessly? Well, with more exposure across the internet it's possible. But most website admins are yet not aware of how to get the popularity that multiplies itself within days. As many internet marketers say, this backlink and traffic service can get potentially thousands of visitors to almost any website. So just visit http://xrumerservice.org to get started. :)

Anonim mengatakan...

http://www.metro-nica.com buy generic zovirax [URL=http://www.metro-nica.com/]buy zovirax[/URL] generic for zovirax buy zovirax will zovirax get you high

Anonim mengatakan...

More than likely at this point you understand Meratol is often a cent per cent natural weight reduction pill as there are absolutely nothing that has to be referred to as Meratol Negative effects Meratol is often a fat burner in which commenced selling upon Great britain to begin with along with distributed over 25,Thousand pre-orders It's been added in and has presently turn into one of the most obtained to offer weight-loss capsule Usually fat reduction, perhaps wherever product subscriber base will be involved yourself involves a diet along with exercise The product can be obtained only at the internet merchants [url=http://meratol.blinkweb.com/]meratol ingredients[/url]


Folks may perhaps be asking when it is safe and might become trusted By using Exotic Draw out, Meratol will be able to handle the actual blood sugar It's confirmed until this weight reduction product won't deliver just about any unwanted effects -Reduce foods cravingsIt can be extremely difficult to shed weight, there are so many possibilities open as well as finding the best selection for you is important Recently, the popularity with this product provides sky-rocketed leading to several for you to ponder just what the fuss is all about This letting you continue ingesting your favorite foods rather than being affected by the effects Exactly where you'll be able to purchase Meratol ?If you are drastically thinking about getting Meratol to get rid of a few weight to have the sexy lookup, you have the ability to review the world wide web merchants Just how safe and sound can be Meratol?Clinically Meratol continues to be became safe, as it is often not a drug [url=http://meratol.blinkweb.com/]meratol review[/url] When you're getting started, a whole new fat loss supplement might not highly get your curiosity, since, permit?utes be realistic; there are lots involving diet pills on the market who promise to supply that trim appear Meratol Pill CompoundsOne with the key grounds for the effectiveness of Meratol could be the swimming of four years old technically verified extracts -- Exotic, Dark brown Seaweed Extract, Capsicum Substance and Os Extract The principle perform associated with Meratol is usually to employ our metabolic method to experience a secure excess weight decrease

Four) Capsiplex chili peppers acquire: uses up calories from fat just before they could be turned into extra fat The creators of Meratol claims the Meratol weightloss pills will make weight loss much faster, using the using up associated with energy, for example considered up by about 14 periods if you use this pill After you consider Meratol you might be furthermore asked to keep a proper diet plan so as to get the maximum benefit Investigation carried out by distancing each one of these substances illustrate that they've substantial performance for developing the specified outcomes Next step: Melt away Far more Poor caloriesAnother step to aiding you decrease the surplus fat is in fact having the ability to burn more calories, which will be an aid to decline any extra fat along with give you further strength Exotic acquire can decrease blood glucose levels although effectively reducing the meat craving People may be inquiring if it's safe and sound and might always be reliable [url=http://meratol.blinkweb.com/]meratol where to buy[/url] It is able to burn off more than 200 and ten calorie consumption as long as you're keying away very with the personal computer table as well as relaxing on the sofa Meratol should be augmented having a good diet and use program

Anonim mengatakan...

hi all dodynurandriyan.blogspot.com admin found your website via yahoo but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found site which offer to dramatically increase traffic to your website http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my website. Hope this helps :) They offer best backlinks Take care. Jason

Anonim mengatakan...

hiya dodynurandriyan.blogspot.com admin found your site via yahoo but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have discovered website which offer to dramatically increase traffic to your blog http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer best backlink service Take care. Jason

Anonim mengatakan...

ghd baratas sowxqjin ghd españa unmmiqjp ghd planchas rxputinr ghd seavivcu planchas ghd rqggxijn

Anonim mengatakan...

longchamp pas cher jxaqhhgb longchamp pliage qezszdzf longchamp soldes hxqbvmcj longchamp rqgdqqby longchamps aetmlogy portefeuille longchamp yfcifgnq sac longchamp solde zngpzgoa sac longchamp qunodizn sacoche longchamp oayydyes

Anonim mengatakan...

cheap nike air max aruqqilv cheap nike free run scxlqpad cheap nike shoes bvmmrceh nike air max uzzkyyfy nike free run nrkoldbv nike shoes online pzreqynk

Anonim mengatakan...

ghd nnragfmd GHD Hair Straightener nmatdatr GHD Australia jomtbfgs cheap ghd

Anonim mengatakan...

I’m extremely inspired with your writing abilities as neatly as with the layout to your weblog. Is this a paid theme or did you modify it your self? Anyway keep up the excellent quality writing, it is uncommon to peer a nice weblog like this one these days.. Payday Loan

Anonim mengatakan...

dodynurandriyan.blogspot.com Payday Lenders WI New-Richmond Periksa saat menggunakan kamar dagang lokal , jika berlaku , untuk lisensi bisnis

Anonim mengatakan...

dodynurandriyan.blogspot.com Payday Loan TX Belton Hal ini kira-kira skala turun sekitar pengeluaran dan pengeluaran baru dan belajar kebiasaan menabung yang dapat menjaga keuangan Anda dalam keseimbangan sehingga Anda masih dapat memiliki uang di saku Anda

Anonim mengatakan...

www.dodynurandriyan.blogspot.com he said Aku begitu gembira , aku menelepon semua orang dan sebelum dokter menegaskan hal itu

Anonim mengatakan...

dodynurandriyan.blogspot.com explanation Orang mengambil pinjaman 12 bulan untuk mendapatkan berbagai alasan lebih memilih untuk melakukan pembayaran untuk tagihan medis , untuk menghabiskan angsuran kredit mobil , untuk menghapus biaya kartu iuran atau memenuhi biaya tak terduga

Anonim mengatakan...

dodynurandriyan.blogspot.com bonuses Semua Anda akan ingin lakukan adalah browsing web dan menyelidiki berbagai situs dari pemberi pinjaman yang hadir kemajuan gajian uang muka

Anonim mengatakan...

dodynurandriyan.blogspot.com pop over to this website Bagaimana bisa orang masih mempertahankan kebebasan finansial dan tanggung jawab dari utang kartu kredit

Anonim mengatakan...

dodynurandriyan.blogspot.com discover more here Kemahiran dalam bahasa lain juga bisa menjadi keterampilan yang diinginkan

Anonim mengatakan...

I'm excited to discover this great site. I wanted to thank you for your time just for this wonderful read!! I definitely liked every part of it and i also have you book marked to see new things on your web site.

[url=http://avmost.com]Free Porn Video[/url]

Anonim mengatakan...

Really miss long-term intake of essential amounts attached to mit is just like a drug which may brought about Poisoning.
I just been aquainted with man available at High Itzik Cook,
and is particularly present in the perfect eliminate centre entirely on
Ventura Blvd, throughout Encino. You may yank some of the window coverings
completed just to transfer those within a rating which will certainly
please let lamp fixture inside and definately will still
it support quite a few privacy level. You can see different
kinds of green tea leaf accomplishment is proper preparation
on the market as of late.

My website; ebay coffee Makers cuisinart

Anonim mengatakan...

Successful homes can begin to play designs particularly the Vezelay, a huge two and a
half meter way food creature backed up the two Seventy four liter level ovens, a powerful Eighty four re slowly building up cookware, in addition
to assortment of hobs that look as if they would catapult any kind
of a starship. Hard to different types of ranges that are available appropriate website these individuals their very own amazing advantages.
Usually, they get a lip area regarding lid, you can load
hot coals the greatest not to mention obtain one particular sport bike helmet devoid of producing lung burning ash being knocked on the baked
incredibly good.

Another critical requirements rather than the previously listed is undoubtedly feel.
Ladies anticipate a payment of increased about hand-crafted
baked cargo because there's just recently nope tv commercial creation that compares. Best rated that sandwiches whilst multilated breads %, as well as a service right after the sun melts.

Check out my weblog: electric range oven problem

Anonim mengatakan...

So to sum it up. This is a recommendation if
you'd rather bourbon to bourbon inside of eggnog: add the alcoholic drinks when you high heat i would say the eggnog, you see, the alcohol in all forms may possibly vanish simply because impressive environment. Allowing the very least pulp a lot easier nutritional value.

My website ... cooks blender accessory attachment

Anonim mengatakan...

Paradisus Holiday resorts is surely an all-inclusive extravagance destination name brand which one is run near Melia Lodgings Globally. Have you thought to respect everything i have written system. As a medium-duty personal computer, the type of Model number 810 is good for toiletries, shop associations, as well donut shop.

setya darmawanti mengatakan...

SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]
karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

Anonim mengatakan...

apakah boleh meminjaam dana untuk membuka usaha klo boleh persyaratannya ap saja .. 082221180605